SETIAP TRANSAKSI HARUS DIAWALI DENGAN LAPOR DIRI.KLIK DISINI

JIKA ANDA SUDAH LAPOR DIRI, GUNAKAN NOMOR LAPOR DIRI ANDA UNTUK MEMULAI TRANSAKSI

KJRI Los Angeles melayani legalisasi dokumen sebagai pengesahan atas keaslian tanda tangan dan cap pada suatu dokumen resmi yang akan digunakan di Indonesia maupun di Amerika Serikat. Pada lembar dokumen yang dilegalisasi akan dibubuhkan stempel yang menjelaskan bahwa dokumen tersebut sesuai dengan naskah aslinya. KJRI Los Angeles tidak bertanggung jawab atas isi dokumen yang dilegalisasi.

Jenis dokumen yang dapat dilegalisasi adalah sebagai berikut:

SURAT KUASA ATAU SURAT PERNYATAAN

Dokumen Surat Kuasa harus ditandatangani di hadapan petugas KJRI Los Angeles. Apabila pemberi kuasa tidak dapat hadir dan/atau dokumen dikirimkan melalui pos, penandatanganan surat kuasa harus disahkan oleh Notaris Publik.

Pemberi kuasa mencantumkan alamat di Amerika Serikat dalam surat kuasanya.

Kelengkapan dan persyaratan:

  1. Fotokopi paspor pemberi kuasa.
  2. Fotokopi KTP/ID penerima kuasa.
  3. Salinan dokumen yang tersebut di dalam surat kuasa (seperti sertifikat tanah, rumah, surat hak waris, surat HGB, surat kepemilikan rekening bank, dll). Bagi warga negara Amerika Serikat, dokumen terlebih dahulu dibawa ke Notaris Publik, kemudian ke Secretary of State untuk mendapatkan sertifikat pengesahan.
  4. Apabila pemilik dokumen nomor 3 di atas sudah meninggal dunia, dibutuhkan fotokopi akta kematian dan akta kenal lahir/akta nikah pemberi kuasa (hubungan anak dan orang tua/suami istri).
  5. Apabila mengajukan pengurusan via pos, mohon sertakan amplop pre-paid untuk pengiriman kembali ke alamat pemohon.
  6. Penerbitan Surat Kuasa dikenakan biaya sebesar US$ 0,00 bagi warga negara Indonesia.
  7. Penerbitan Surat Kuasa dikenakan biaya sebesar US$ 25,00 bagi warga negara Amerika Serikat. Khusus bagi warga negara Amerika Serikat lihat disini

TERJEMAHAN DOKUMEN

Syarat:

  1. Membawa paspor asli dan satu lembar fotokopi paspor (berwarna).
  2. Membawa dokumen ASLI dan fotokopinya yang akan dilegalisir.
  3. Bukti ijin tinggal asli (visa AS / stempel imigrasi / Permanent Residence Card). Catatan: Jika Permanent Resident Card hilang, harap dilampirkan surat pengurusan pergantian Permanent Resident Card dari pihak Imigrasi U.S.A
  4. Bukti domisili asli (Non-Driver ID / Driver’s License / Bank Statement / Utility Bills / Lease Agreement maupun Letter of Intent bagi pelajar yang tinggal di asrama)
  5. Terjemahan dokumen harus sesuai dengan aslinya.
  6. Terjemahan dokumen yang akan dilegalisasi harap diketik rapi dan bukan tulisan tangan.
  7. Legalisasi Terjemahan Dokumen dikenakan biaya sebesar US$ 0,00

 LEGALISASI SALINAN DOKUMEN RI

Syarat:

  1. Membawa paspor asli dan satu lembar fotokopi paspor (berwarna).
  2. Membawa dokumen ASLI dan fotokopinya yang akan dilegalisir.
  3. Bukti ijin tinggal asli (visa AS / stempel imigrasi / Permanent Residence Card). Catatan: Jika Permanent Resident Card hilang, harap dilampirkan surat pengurusan pergantian Permanent Resident Card dari pihak Imigrasi U.S.A
  4. Bukti domisili asli (Non-Driver ID / Driver’s License / Bank Statement / Utility Bills / Lease Agreement maupun Letter of Intent bagi pelajar yang tinggal di asrama)
  5. Dokumen RI Asli yang akan dilegalisasi
  6. Melampirkan Fotocopy Dokumen RI yang akan dilegalisasi.
  7. Legalisasi Salinan Dokumen RI dikenakan biaya sebesar US$ 0,00

DOKUMEN PERUSAHAAN (Bisnis)

Syarat:

  1. Fotokopi Dokumen Perusahaan (harus sesuai dengan dokumen aslinya).
  2. Dokumen yang telah disahkan oleh Notaris Umum AS.
  3. Tanda tangan dan segel dari Notaris Umum yang telah dicap asli oleh County Clerk dan Secretary of State.
  4. Surat Pernyataan permohonan untuk melegalisasi dokumen dengan menggunakan kop surat dari institusi atau perusahaan yang meminta.
  5. Surat Pernyataan nama agen tunggal, alamat, dan nomor telpon di Indonesia.
  6. Membayar biaya legalisasi sebesar US$ 125.00 per sertifikat dalam bentuk money order atau cashier's check payable to “Indonesian Consulate General – Los Angeles”.

LEGALISASI DAFTAR BARANG PINDAHAN DAN SURAT KETERANGAN BARANG PINDAHAN

  • Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 28/PMK.04/2008 tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang Pindahan, KJRI Los Angeles dapat melegalisasi Daftar Barang Pindahan dan menerbitkan Surat Keterangan Barang Pindahan sebagai syarat pembebasan bea masuk atas impor barang pindahan.
  • Definisi barang pindahan, yaitu: barang-barang keperluan rumah tangga milik orang yang semula berdomisili di luar negeri, kemudian dibawa pindah ke dalam negeri.
  • Pembebasan bea masuk tidak berlaku terhadap barang pindahan yang dikategorikan sebagai barang dagangan atau kendaraan bermotor.
  • Barang pindahan dimaksud harus tiba bersama-sama pemilik yang bersangkutan atau paling lama 3 (tiga) bulan sesudah atau sebelum pemilik barang yang bersangkutan tiba di Indonesia.
  • Legalisasi Daftar Barang Pindahan dan Surat Keterangan Barang Pindahan hanya diberikan sebanyak satu kali kepada WNI dan WNA yang memenuhi persyaratan dan akan kembali ke Indonesia.

MEMBAWA BARANG DAN/ATAU BUKU PINDAHAN

Surat Barang Pindahan hanya diberikan kepada pemegang visa F-1 (student visa), H-1, L-1 atau visa kerja lainnya. Bagi pemegang visa turis tidak diberikan surat barang pindahan. Syarat dan kelengkapan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Melampirkan paspor dan visa (fotokopi bagi pengurusan via pos).
  2. Melampirkan daftar barang dan/atau buku yang akan dibawa (unduh format daftar barang dan/atau buku pindahan).
  3. Melampirkan surat dari sekolah/kerja yang menyatakan sudah selesai sekolah/kerja.
  4. Khusus bagi pelajar/mahasiswa yang telah menyelesaikan studi, melampirkan Formulir Selesai Sekolah (unduh formulir).
  5. Melampirkan tiket kepulangan Pemohon ke Indonesia.
  6. Melampirkan Bill of Lading dari perusahaan kargo.
  7. Membuat Surat Permohonan Membawa Barang Pindahan (unduh format surat bagi umum dan bagi pelajar/mahasiswa).
  8. Membayar biaya legalisasi sebesar US$ 0.00. 
  9. Amplop kirim balik bagi pengurusan via pos.

 Barang-barang yang memenuhi kriteria untuk pengurusan barang pindahan:

  • Barang-barang kebutuhan rumah tangga yang telah dipakai dan setelah dimasukkan ke Indonesia yang akan dipakai kembali oleh rumah tangga tersebut.
  • Tidak berupa persediaan barang dagangan (komersil) atau termasuk barang larangan.
  • Tidak berupa kendaraan bermotor.

Contoh barang yang umum dimasukkan sebagai barang pindahan seperti perabot rumah tangga, alat-alat dapur, buku-buku, piano, organ dan alat musik lainnya, alat-alat olah raga, televisi, radio, Video/VCD/LD/CD/DVD Player, komputer (PC), alat penyejuk udara dan barang lainnya yang lazim dimiliki oleh sebuah rumah tangga.

Pemasukan barang-barang pindahan tersebut diberikan Pembebasan Bea Masuk.

Pemberian pembebasan bea masuk atas barang pindahan diberikan kepada:

  • Pegawai Negeri/anggota TNI yang karena tugasnya ditempatkan di luar negeri beserta keluarganya. Dibuktikan dengan Surat Keputusan Penempatan di luar negeri dan Surat Keputusan Penarikan kembali ke Indonesia yang dikeluarkan oleh departemen/instansi yang bersangkutan.
  • Pegawai Negeri/anggota TNI yang menjalankan tugas belajar di luar negeri sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun, baik disertai keluarganya atau tidak. Dibuktikan dengan Surat Keterangan Tugas Belajar di luar negeri dari Kementerian/Instansi yang bersangkutan.
  • Pelajar/mahasiswa/orang yang belajar di luar negeri, sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun. Dibuktikan dengan Surat Keterangan dan Daftar Barang yang telah ditandasahkan oleh Perwakilan Republik Indonesia di Negara di mana orang tersebut belajar.
  • Tenaga Kerja Indonesia yang ditempatkan pada Perwakilan Indonesia di luar negeri, sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun secara terus menerus, berdasarkan perjanjian kerja dengan Kementerian Luar Negeri. Dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Perwakilan Republik Indonesia di mana orang tersebut bekerja.
  • Warga Negara Indonesia yang karena pekerjaannya pindah dan menetap di luar negeri secara terus menerus selama minimal 1 (satu) tahun. Dibuktikan dengan Surat Keterangan Pindah dan Daftar Barang yang telah ditandasahkan oleh Perwakilan Republik Indonesia di Negara di mana orang tersebut bekerja.
  • Warga Negara asing yang karena pekerjaannya pindah ke Indonesia bersama keluarganya setelah mendapat izin menetap dari Kementerian Tenaga Kerja sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan. Dibuktikan dengan Izin Menetap dan Izin Kerja Tenaga Asing sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun.
  • Perusahaan yang memindahkan kegiatannya ke Indonesia setelah dapat membuktikan likuidasi perusahaannya di luar negeri. Dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kamar Dagang dan Industri setempat yang telah ditandasahkan oleh Perwakilan Republik Indonesia di Negara bersangkutan.

MEMBAWA BINATANG PELIHARAAN

Syarat:

  1. Telah melakukan Lapor Diri di KJRI Los Angeles, dibuktikan dengan Cap Lapor Diri di paspor atau Nomor Lapor Diri.
  2. Menyertakan paspor ASLI.
  3. Mengurus International Health Certificate dan Rabies Certificate dari Animal Hospital dan legalisasi oleh Department of Agriculture, AS.
  4. Memperoleh Certification Letter (Sertifikat KH-12) dari Badan Karantina Pertanian RI setibanya di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan cara sebelum berangkat ke Indonesia berkoordinasi dengan Quarantine Office di Indonesia. Selanjutnya binatang yang akan dibawa/dimasukkan ke Indonesia wajib masuk melalui bandara masuk yang sudah ditentukan. Setelah sampai di Indonesia langsung menghubungi kantor karantina binatang secepatnya. Hal ini dikarenakan tidak semua bandara di Indonesia menerima impor binatang dan memiliki fasilitas karantina binatang.

Informasi Quarantine Office in Jakarta:

  • Jl. Pondasi No. 6, Kp. Ambon, Rawamangun II, Jakarta 13210 atau P.O. Box 1012/JAT), telepon +62 21 475-0786.
  • Soekarno-Hatta Airport: Telp: +62 21 550-7931, faks +62 21 550-7931.