Berdasarkan Pasal 18 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, WNI yang pindah ke luar negeri dan berstatus menetap di luar negeri wajib melaporkan kepada Perwakilan RI terdekat paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak kedatangannya. Selain saat baru tiba, Lapor Diri juga wajib dilakukan apabila WNI tersebut pindah ke alamat baru.

Perwakilan RI di luar negeri membutuhkan data terkini dari setiap WNI yang di antaranya dapat digunakan untuk menghubungi para WNI dalam keadaan darurat, menyampaikan informasi penting, atau menyampaikan bantuan apabila diperlukan.

Saat ini, Lapor Diri di KJRI Los Angeles dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan mendatangi langsung KJRI Los Angeles atau melalui e-mail.

 

Lapor Diri Langsung

Datang ke KJRI Los Angeles dengan membawa:

  1. Paspor dan visa asli.
  2. 1 (satu) lembar pasfoto 2x2 inci berwarna, latar belakang warna terang.
  3. Bagi pemegang Green Card membawa copy Green Card.
  4. Formulir Lapor Diri yang telah diisi. Formulir tersedia di ruang pelayanan KJRI Los Angeles atau dapat diunduh di sini.

Setelah data anda diverifikasi, petugas akan memberikan Nomor Lapor Diri.


Lapor Diri Melalui Email

Yang dibutuhkan adalah:

  1. Formulir Lapor Diri yang telah diisi secara lengkap (unduh formulir).
  2. Data paspor (halaman depan);
  3. Foto diri.
  4. Foto Green Card (bagi pemegang).
  5. Foto visa AS.

Pindai (scan) atau foto kelima dokumen di atas dengan kamera ponsel anda (apabila tidak memiliki pasfoto digital, foto diri juga dapat diambil secara selfie dengan kamera ponsel) lalu kirimkan keempat dokumen tersebut kepada KJRI Los Angeles melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

Setelah permohonan anda diproses, petugas akan membalas email anda dengan memberikan Nomor Lapor Diri sebagai pertanda telah melakukan Lapor Diri.